Gambaran Singkat Membangun Usaha Warnet

Usaha Warnet (Warung Internet) walaupun telah booming cukup lama, namun nampaknya masih tetap berprospek cerah. Memang akhir-akhir ini, orang sudah mulai menggunakan handphone untuk akses internet (mobile internet) namun tidak begitu mampu menggantikan komputer dalam fungsinya menjelajah internet. Apalagi pengguna internet kian hari kian meningkat, terutama kaum pelajar, menjadikan bisnis warnet masih sangat berpeluang untuk menghasilkan uang yang banyak.

Jika anda berencana untuk membangun usaha warung internet di tempat anda, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yaitu: 

usaha bisnis warung internet1. Memilih Lokasi 
Untuk saat ini, pengguna internet masyarakat Indonesia sebagian besar digunakan oleh pelajar dan mahasiswa. Para pelajar dan mahasiswa sering menggunakan internet biasanya untuk menyelesaikan tugas sekolah/kuliah, untuk keperluan jejaring sosial (facebook, tweeter, google+), dan sebagai media hiburan (nonton video youtube, download musik, main game). Nah, mengingat sebagian besar pengguna internet adalah para kaula muda, maka lokasi yang terbaik adalah di dekat sekolah/kampus, atau di dekat tempat  para muda-mudi  biasanya ngumpul / nongkrong. Lokasi tersebut sangat baik, karena seringkali para kaula muda yang sedang sendirian, lagi bete, galau, atau pun sedih melarikan pikirannya ke dunia maya (internet).

2. Menyiapkan Tempat
Buatlah tempat warnet yang bersih, nyaman, dengan tema warna ruangan yang unik. Usahakan tempat tersebut memiliki kesan privasi, artinya situs apa yang sedang diakses oleh pelanggan tidak mudah terlihat oleh orang lain yang lalu lalang. Tetapi, jangan juga membuat warnet yang memiliki ruang privasi penuh (sangat tertutup) karena sering disalah gunakan oleh pasangan muda – mudi.  

3. Membeli Peralatan Warnet
Untuk usaha warnet, anda bisa membeli komputer-komputer bekas, sehingga menekan biaya modal awal anda. Harga sebuah komputer baru sekitar 3 jutaan, maka komputer bekas harganya dibawah 1,5 juta, ini berarti anda mampu menghemat modal awal separuhnya. Sebenarnya yang terpenting dibutuhkan oleh pelanggan bukanlah komputer yang baru, tetapi kecepatan akses internet. Karena biasanya, dengan kecepatan akses yang lambat akan membuat pelanggan anda menjadi bosan dan jengkel menunggu, sehingga tidak akan betah berselancar ria di internet.

Jika anda membeli atau berlangganan paket internet bulanan dengan kecepatan bagus, maka biaya bulanannya juga lebih mahal, sehingga harga rental perjamnya pun lebih mahal. Anda bisa memilih paket internet yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan anda. Untuk jumlah komputer, tergantung besar ruangan yang anda miliki. Jaringan internet yang digunakan biasanya menggunakan topogfari jaringan type STAR. Untuk jenis networknya menggunakan jenis LAN (Local Area Network). Beberapa perlatan standar yang dibutuhkan  antara lain : HUB atau SWITCH HUB, 1 PC untuk dijadikan router , dan cable network (sebaiknya dibeli 1 rol untuk persiapan/penggantian kabel nantinya) , ethernet card atau sering disebut LAN card dan juga connector (RG 45).

4. Buatlah Promo-Promo Yang Menarik
Untuk memenangkan kompetisi dalam persaingan usaha, salah satunya adalah menyediakan promo-promo menarik. Misal, jika biasanya satu jam harga sewa warnetnya Rp 3.000, maka untuk tiga jam berilah diskon (potongan harga) yang sesuai, atau promo setelah kunjungan yang ke 10, bisa berinternet gratis selama satu jam, dan promo-promo lainnya.

5. Penambahan Usaha Lainnya
Jika ruangan usaha anda masih sedikit tersisa, anda bisa menambahkan usaha lainnya, misalnya jual pulsa, jual minuman dingin, jasa printer, jual pernak-pernik, atau fotocopy mini.
Demikian sedikit gambaran tentang membangun usaha warung internet, selamat berwira usaha, Salam Sukses.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait