6 Jenis Pekerjaan Favorit Pemuda Indonesia (1)

1. Bekerja di BUMN / BUMD
BUMN (Badan Usaha Milik Negara) merupakan badan usaha yang dimiliki oleh negara sebagai aset dari suatu negara. Menurut Kementrian BUMN, jumlah BUMN di Indonesia tahun 2012 sekitar 120. Dengan berbagai fasilitas, tunjangan hinga bonus  yang bisa diterima bila bekerja di salah satu BUMN, menyebabkan bekerja di  BUMN merupakan salah satu profesi yang paling diminati di Indonesia, khususnya angkatan kerja produktif. 

Namun sangat disayangkan jumlah BUMN dengan anak perusahaannya yang mencapai lebih dari 3.000 perusahaan tidak memadai untuk dapat menyerap angkatan kerja di Indonesia yang pada tahun 2012 sebanyak lebih dari 120 juta orang dan sulitnya menembus/masuk untuk bekerja di BUMN.

angkatan kerja pemuda indonesia2. Bekerja sebagai Sekretaris
Pekerjaan yang paling diminati di Indonesia selanjutnya adalah Sekretaris, PR dan lainnya. Pekerjaan sebagai Sekretaris dan PR cukup diminati di Indonesia karena pekerjaan ini memiliki nilai gengsi (prestisius) yang tinggi di mata masyarakat Indonesia, orang bilang kerja kantoran. Selain itu, pekerjaan ini memang banyak dibutuhkan hampir oleh setiap perusahaan. 

Sekretaris bertanggung jawab secara langsung kepada atasan atau dapat juga disebut sebagai tangan kanan atasan. Sedangkan PR (Public Relationship) memberi tantangan dan pengalaman yang menyenangkan karena hampir di setiap pekerjaan bertemu dengan berbagai macam karakter orang. Dan rata-rata yang mengisi pekerjaan ini adalah wanita, dimana jumlah angkatan kerjanya lebih banyak dibanding pria. 

3. Bekerja di Luar Negeri (TKI)
Menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang bekerja di luar negeri merupakan salah satu pekerjaan favorit generasi muda Indonesia.  Yang dimaksud dengan TKI  adalah warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri baik sebagai tenaga ahli, ilmuwan, pekerja kantoran hingga buruh. Tercatat jumlah TKI (yang bekerja sebagai PRT, buruh pabrik dll) yang dikirim keberbagai negara seperti Arab Saudi, Malaysia, Korea, Singapura dan lain-lain tahun 2012 sebanyak enam juta jiwa. Alasan mereka memilih menjadi TKI tentu karena lapangan pekerjaan di negeri sendiri sangat terbatas, dan upah yang mereka terima sangat minim. Inilah yang menyebabkan meningkatnya jumlah TKI yang bekerja di luar negeri termasuk menjadi tenaga informal (pembantu atau pengasuh bayi).

4. Bekerja sebagai Jurnalis
Tanggung jawab sebagai jurnalis amatlah besar, ketepatan, kecepatan, keakurasian dan berita yang ekslusif adalah tujuan dari semua media yang dibebankan kepada jurnalis. Inilah pekerjaan yang memberikan banyak tantangan, hal-hal baru setiap hari dan dikejar-kejar deadline. Pekerjaan ini biasanya diminati oleh orang – orang yang suka menulis. Meskipun banyak suka dukanya namun pekerjaan sebagai Jurnalis adalah pekerjaan yang paling diminati di Indonesia. Jurnalis adalah ujung tombak dari berbagai jenis media, selain itu berbagai macam resiko sering mereka hadapi di lapangan. Hal inilah yang membuat gaji seorang Jurnalis cukup besar. 

5. Bekerja dalam Sektor Pariwisata
Jika anda adalah seorang yang suka berwisata, maka bekerja di perusahaan tourism atau travel agent adalah salah satu yang diminati. Berkeliling dunia karena tuntutan pekerjaan pasti akan menyenangkan, sambil menyelam minum air. Tingginya minat masyarakat untuk mengadakan perjalanan wisata dengan didukung menjamurnya perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata (tourism) maka dampak positif yang terjadi adalah terserapnya tenaga kerja di sektor ini. Sektor pariwisata di Indonesia dinilai sebagai suatu pekerjaan yang keren, terutama jika anda bisa menangani wisatawan – wisatawan luar negeri.

6. Bekerja sebagai Sales
Hanya butuh keahlian dalam meyakinkan konsumen disertai dengan pengetahuan yang memadai mengenai produk yang akan dijualnya, pekerjaan menjadi sales promotion sanagt mudah dijalani. Apalagi jika produk yang ditawarkan adalah mobil mewah, real estate, apartment pastinya pendapatan yang akan didapat sangat besar. Pekerjaan ini termasuk salah satu yang paling diminati di Indonesia (SPG : Sales Promotion Girl dan SPB : Sales Promotion Boy) terutama bagi lulusan SMK, SMA yang tidak melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Pekerjaan ini diminati karena fasilitas yang diberikan perusahaan tidak bisa dikatakan lumayan, tetapi menggiurkan, disamping beban pekerjaan yang selalu dikejar-kejar target. Banyak perusahaan yang memberikan bonus, tunjangan, komisi penjualan langsung disamping gaji tentunya. 

Demikan 6 jenis pekerjaan yang paling diminati muda-mudi di Indonesia, kalo anda pilih yang mana? Berikutnya adalah bagian ke-2.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait