Aneka Ragam Pekerjaan di Indonesia

ragam pekerjaan di indonesia
Negara Indonesia masih tergolong sebagai negara berkembang. Dengan perolehan devisa yang termasuk dalam kategori sedang, negara kita belum bisa masuk sebagai sebuah negara maju seperti Amerika, Jerman, Australia, China ataupun Jepang. Namun dengan potensi sumber daya alam yang melimpah dan ketersediaan tenaga kerja yang banyak, adalah merupakan modal besar untuk mencapai cita-cita negara adi daya. Akan tetapi, masih belum maksimalnya pengunaan potensi-potensi negara yang ada menjadikan negara ini memiliki persoalan yang rumit terutama dalam meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Jumlah angkatan kerja yang terus bertambah tidak dibarengi dengan ketersediaan jumlah lapangan kerja yang cukup. hal ini tentu akan berdampak buruk pada stabilitas nasional. Bagi orang yang tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang layak terhadap kesejahteraan mereka, maka kemungkinan untuk menjalani pekerjaan-pekerjaan kotor akan dilakukan demi mengisi kebutuhan pokok mereka, misalnya menjadi pencuri, perampok, penjual narkoba, pencopet, menjadi tuna susila (PSK), pengedar ganja, penipu, dan lain sebagainya. Untuk itu, negara wajib melindungi mereka dari godaan-godaan pekerjaan hina karena terpaksa untuk melakukannya. Pemerintah bersama segenap komponen bangsa harus berupaya menggali potensi-potensi sumberdaya alam dan manusia untuk menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya, sehingga rakyat Indonesia bisa mandiri, dan tidak tergantung dengan lapangan pekerjaan di luar negeri. 
Melihat besarnya sumber daya alam dan manusia yang Indonesia miliki, akan mampu membentuk ragam pekerjaan yang menjanjikan, tentu harus dikelola dengan maksimal. Adapun beberpa ragam pekerjaan dan usaha yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, antara lain :

1. Sektor Industri
Sektor industri merupakan ladang usaha yang sangat menjanjikan dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang besar di seluruh negara di dunia. Industri yang ada di Indonesia mulai skala internasional (seperti pertambangan), skala nasional (misalnya produk detergen, makanan), skala lokal (contohnya perusahan air minum daerah), sampai skala kecil atau rumahan (misalnya usaha krupuk). Sukses tidaknya suatu industri tergantung dari ide kreatif yang muncul, melihat peluang dan kesempatan, ketersediaan modal, dan tentu manajemen yang bagus. Jika anda ingin membuka usaha industri kecil rumah tangga, yang pertama dilakukan adalah mencari ide-ide yang briliant.

2. Sektor Usaha Perdagangan
Perdagangan merupakan salah satu sektor ekonomi yang paling tua di muka bumi. Banyak orang yang bisa sukses dengan usaha perdagangan, baik skala besar  maupun skala kecil (pedagang klontong).  Kiat sukses dalam usaha perdagangan adalah mencari jaringan yang luas atau posisi tempat usaha dagang yang strategis.

3. Sektor Jasa
Jika anda tidak mempunyai modal yang cukup, maka pilihan yang terbaik adalah melakukan usaha dalam sektor  jasa, misalnya jasa tukang cukur, laundry, panti pijat, dan banyak lagi. Untuk sukses dalam sektor jasa, maka kepuasan konsumen menjadi kuncinya.

4. Sektor Pertanian
Sektor pertanian mencakup hal yang sangat luas, termasuk juga perkebunan dan peternakan. Sektor pertanian ini merupakan sektor primer dalam perekonomian, karena termasuk kebutuhan pokok. Bayangkan jika di dunia ini ketersediaan makanan sangat terbatas, maka sepiring nasi haranya bisa setara dengan sebongkah emas. Namun, sektor pertanian di Indonesia masih terlihat suram, karena penjualan hasil pertanian tersebut sering berfluktuasi. Hal inilah yang menyebabkan banyak generasi muda tidak mau menggeluti sektor ini (selain juga karena gengsi). Namun, jika anda pintar mengelola pertanian, maka hasil dari sektor pertanian mampu mengalahkan gaji PNS.

5. Sektor Pariwisata
Sektor pariwisata mulai berkembang di negara Indonesia. Banyak daerah yang memiliki keindahan alam dan keunikan budaya memasarkan daerahnya dengan agresifnya. Sektor pariwisata ternyata mampu memunculkan berbagai ragam pekerjaan yang bagus, seperti tour guide, sopir, jasa penginapan, restaurant, jasa spa, hiburan, dan banyak lagi.

Demikianlah beberapa sektor ekonomi dan ragam pekerjaan di negara Indonesia. Banyak sektor dan ragam pekerjaan yang belum tercantum dalam artikel ini. Semoga bermanfaat, selamat bekerja dan berusaha. Salam sukses!!!

Artikel Terkait